Sabtu, 14 Mei 2016

Acep Menyerahkan Soal Wakil Bupati Kuningan Pada Mekanismenya



CIREBON- Sidang paripurna DPRD Kuningan, Rabu (11/5) di Gedung DPRD Kuningan sepakat mengusulkan Wakil Bupati H. Acep Purnama menjadi Bupati Kuningan Periode 2013-2018. Posisi ini menggantikan almarhumah Hj. Utje Ch. Suganda.

Usulan Acep menjadi Bupati Kuningan sekaligus merupakan usulan pemberhentian dia dari posisi Wakil Bupati Kuningan masa pendampingan almarhumah Hj. Utje Ch. Suganda. Perubahan posisi Acep menjadi bupati, menyisakan ruang kosong Wakil Bupati Kuningan.

Desas desus pengusungan siapa yang akan menjadi wakil bupati mendampingi H Acep Purnama menjadi tranding topik di lingkaran politisi dan pengamat di Kuningan. Walaupun sempat malu-malu, pro dan kontra antara ada atau tidak adanya wakil bupati menambah dinamika politik Kuningan menjadi sedikit hangat.

Saat dikonfirmasi terkait hal itu, Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama menerangkan, siapapun berpeluang mendampinginya menjadi Wakil Bupati Kuningan. Hanya saja menurutnya, dirinya akan menyerahkan semua itu kepada mekanisme dan aturan yang ada.

“Tapi nanti, satu-satu dulu selesaikan. Tahapan selanjutnya saya serahkan kepada mekanisme yang ada. Saya ucapkan terimakasih kepada DPRD dan Pimpinan Partai Politik juga masyarakat Kuningan, sudah menempuh mekanisme dengan baik,” kata Acep usai menghadiri Sidang Paripurna DPRD Kuningan.

Menurutnya, persoalan ada atau tidak ada wakil sepenuhnya berpedoman kepada undang-undang. Dalam undang-undang, lanjut Acep, mengisyaratkan ada wakil bupati. Adapun mengenai kewenangan yang dimilikinya, akan dimaksimalkan sebagaimana mestinya.

“Kalau diminta atau ditanya, Insyaalaah, saya akan jelaskan, baik keterangan atau apapun tentang wakil bupati nanti. Siapapun berpeluang,” tuturnya.

Sementara itu, menyikapi usulan yang disampaikan DPRD ke Kementerian Dalam Negeri melalui Gubernur Jawa Barat, Ketua DPRD Kuningan yang diisukan akan mendamingi H. Acep Purnama menerangkan, proses kebijakan Pemda harus terus berjalan.

Menurutnya, pihaknya akan segera membuat jadual dengan Acep Purnama sebagai calon bupati baru tentang siapa yang akan ditugaskan berkoordinasi ke mendagri dan siapa ke gubernur.

“Ini urusan Pemerintah Daerah, siapa berkoordinasi dengan siapa. Ada petugas khusus. Selesaikan saja dulu satu-satu,” kata Rana.*



Kata : SOPANDI

Tidak ada komentar:
Write komentar

Advertising Here