Selasa, 26 Juli 2016

Cara Merakit Komputer Gaming Murah Harga 7 Jutaan


PC merupakan salah satu perangkat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain digunakan untuk mengerjakan tugas atau yang lainnya, PC juga menjadi salah satu pilihan gamers dalam bermain game. Alasannya tentu saja karena PC merupakan perangkat yang lebih mudah di-upgradedari sisi hardware.
Yang jadi masalah adalah game-game sekarang memiliki permintaan spesifikasi hardware yang tinggi. Agar bisa mewujudkan hal tersebut, pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk membangun PC gaming. Nah, kali ini Saya akan memberikan tips merakit PC gaming murah dengan budget 7 jutaan.


Cara Merakit Komputer Gaming Murah
1. Motherboard

Motherboard merupakan komponen utama yang harus ada pada PC. Karena semua komponen-komponen penting dalam gaming, akan ditempatkan pada motherboard seperti processor, RAM, dan juga VGA.Di sini Saya memilih Motherboard MSI H110M-PRO bertipe LGA 1151 yang telah support RAM tipe DDR4 seharga (Rp 1.144.000) sebagai landasan kita membangun komputer gaming.


 2. Processor
Processor merupakan komponen paling penting dalam membangun PC gaming. Karena processor merupakan otak dari segala proses yang terjadi pada komputer. Di sini Saya memilih Intel Core i3-6100 dengan kecepatan 3.7 Ghz seharga Rp 1.420.000. Selain memiliki clock speed yang tinggi, processor ini juga sudah mengusung teknologi quad-core.



 3. RAM (Random Access Memories)

 Selanjutnya ada Random Access Memories atau bisa disingkat dengan RAM. RAM merupakan sebuah tempat penyimpanan komputer yang bersifat sementara. Nah, standar RAM untuk PC gaming murah 2016 saat ini adalah 8 GB. Di sini Saya menggunakan Corsair DDR4 Vengeance seharga Rp 885.000 dengan memori 8 GB dual-channel. Maksud dari dual-channel di sini adalah RAM yang dipasang tidak satu keping berukuran 8 GB, melainkan 2 keping berukuran 4 GB.



4. GPU

GPU juga salah satu komponen paling penting dalam rakit komputer gaming. Mengapa? Karena GPU berfungsi sebagai pengolah grafis atau gambar yang nantinya akan dimunculkan pada monitor. GPU juga merupakan komponen paling mahal selain CPU. Nah, di sini Saya memilih NVIDIA Geforce GTX 750 Ti yang memiliki memori sebesar 4 GB DDR5 seharga Rp 2.550.000. Jika kamu bingung memilih GPU komputer terbaik, kamu bisa baca VGA AMD Radeon terbaik 1 jutaan atau VGA Nvidia terbaik harga 1 jutaan.

5. HardDisk

masukkan deskripsi gambar disiniHardDisk di sini berfungsi sebagai tempat penyimpanan untuk sistem operasi maupun game-game yang nanti kita mainkan. Karena game-game sekarang memiliki ukuran yang cenderung besar maka Saya memilih Seagate SATA 3 dengan ukuran 1 TB seharga Rp 625.000.

6. Casing

yang satu ini mungkin sering kita abaikan saat ingin membangun PC gaming. Casing kadang juga memiliki beberapa manfaat seperti melindungi komponen-komponen lain dari air dan juga debu. Maka dari itu saya memilih Power Logic Xenon GRAPHITE 3X With USB 3.0 seharga Rp 360.000.


7. PSU (Power Supply Unit)
yang satu berfungsi sebagai penyuplai arus listrik bagi komponen komputer seperti Motherboard, HDD, dan yang lainnya. Dan jika tidak ada komponen ini, otomatis PC tidak akan bisa nyala. Maka dari itu komponen ini juga merupakan komponen yang sangat penting keberadaannya. Di sini Saya memilih Cooler Master THUNDER 450W seharga Rp 680.000.



8. Cooler


Jika bermain game dengan durasi yang lama, pasti komponen-komponen komputer seperti CPU dan juga GPU akan mengalami overheat. Nah untuk mengantisipasi overheat pada CPU atau GPU maka cooler merupakan jawabannya. Cooler di sini berfungsi untuk mendinginkan komponen-komponen pada komputer agar suhu pada komputer bisa stabil. Di sini Saya memilih Cooler Master X DREAM i117 seharga Rp 140.000.

Itulah tips dalam membangun PC gaming dengan budget 7 jutaan. Jika ditotal, semua menghabiskan dana sebesar Rp 7.804.000. Dengan rig gaming di atas kamu bisa memainkan game sekelas GTA V, Call Of Duty: Black Ops 3, The Witcher 3, dan Battlefield Hardline di kualitas terbaiknya.


















Tidak ada komentar:
Write komentar

Advertising Here